PUBLIC SPEAKING

Public Speaking

  • Pembicaraan tidak sekedar dipahami
  • Pembicaraan tidak sekedar “asal’’ atau “yang penting’’ disampaikan
  • Pembicaraan mengarah kepada bagaimana orang paham dan menikmati
  • Ibarat makanan, selain mengenyangkan dia juga lezat
  • Lezat saja tidak cukup, tampilan harus memikat

YANG HARUS DISADARI

  • Kita SEDANG menyuguhkan "omongan"
  • Kita SEDANG jadi pusat perhatian
  • Kita SEDANG berhadapan dengan banyak orang [dengan banyak karakter dan sikap]
    Berikan yang Terbaik..

-> Omongan harus efektif

  • SIFAT & TUJUAN PEMBICARAAN
    TIGA HAL PENTING
    Yang Dipersiapkan!
    PERSIAPAN FISIK
    ISTIRAHAT DAN TIDUR YANG CUKUP
    OLAH RAGA SECUKUPNYA
    YAKINKAN DIRI ANDA BAHWA FISIK ANDA SIAP UNTUK FIGHT
    PILIH PAKAIAN DAN ASESORIS YANG MENUNJANG PERFORMANCE ANDA
    [TAPI PROPORSIONAL]
    PERSIAPAN PSIKIS
    Siapkan mental Anda!
    Semakin baik persiapan Anda akan semakin baik mental Anda dan sebaliknya
    Jangan dipusingkan dengan berpikir negatif tentang audience
    Yakin saja. Sampaikan apa yang akan Anda sampaikan dan orang lain tidak lebih tahu dari Anda
    Andalah bintangnya. Jangan buat diri Anda sendiri menjadi pecundang
    Are You ready? Let’s get it on!
    PERSIAPAN MATERI
    INFOrmasi tentang AUDIENCE dan BACKGRAOUND mereka
    Pilih tema yang menarik: a. sedang menjadi bahan perbincangan (up to date), b. Dibutuhkan audience
    Buat kisi-kisi penting (pointers) materi yang hendak disampaikan berkaitan dengan tema
    HAFALKAN pointers tersebut
    Latihlah untuk menyampaikannya dan anggaplah Anda sudah berhadapan dengan audience
    Kuatkan bahan dengan menambah literatur/ referensi-referensi penting berkaitan dengan materi
    SEMAKIN MATANG PERSIAPAN SEMAKIN BAIK!!!!
    TOPIK PEMBICARAAN
    Bangkitkan dan kumpulkan ide
    Seleksi ide untuk dijadikan topik
    Fokuskan topik pembicaraan
    Tetapkan tujuan umum dari topik tersebut
    INGAT!!!
    Speeches to Inform, Speeches to Persuade, atau Speeches to Entertain, atau moved audiens to action.
    Formulasikan tujuan spesifik dari pembicaraan
    Susun statemen. Semakin banyak statemen menarik, pembicaraan anda akan semakin menarik
    Kumpulkan, rekam dan evaluasi informasi
    Without solid material, your speech will fold!!!
    ANALISA AUDIENCE
    ANALYZE AUDIENCE DEMOGRAPHIES/ CHARACTERISTICS OF THE AUDIENCE: AGE, GENDER, ETHNICITY, EDUCATION, ECONOMIC STATUS, GROUP MEMBERSHIP
    ANALYZE AUDIENCE NEEDS
    ANALYZE AUDIENCE PSYCHOLOGY: VALUES, BELIEFS, ATTITUDES, BEHAVIOUR
    INTRODUCTION
    PENYAMPAIAN MATERI [1]
    Perhatikan sekali lagi permormance Anda dengan memastikan cara berpakaian dan segala asesoris anda sudah "layak"
    Percaya diri. Anda harus yakin terhadap apa yang Anda sampaikan agar audience tidak ragu dengan apa yang mereka dengar
    Simpatik. Tebarkan senyuman dan tatapan mata terindah Anda, ibarat ular dengan bisa terakhirnya
    Bangkitkan spirit of life (anthusiasity) Anda ketika sedang berbicara
    Memakai bahasa yang correctly, clearly, specific, dan familiar language, santun
    PENYAMPAIAN MATERI [2]
    EVALUASI
    Sembari berbicara, anda dapat mengevaluasi apa yang telah anda bicarakan dari sikap yang ditunjukkan audience terhadap pembicaraan Anda. Tapi hati-hati, kalau tidak mampu, anda bisa down
    Saat usai pembicaraan dapat Anda dengarkan kesan audience, tapi jangan seratus persen percaya dengan tanggapan mereka
    Apapun yang menjadi kekurangan tidak boleh terjadi dalam pembicaraan berikutnya.
    Kita hanya butuh banyak latihan dan jam terbang yang tinggi
    Jadilah pembicara yang baik yang mengerti dengan siapa berbicara, mengetahui apa yang mereka inginkan, mengetahui bagaimana memuaskan mereka dengan ide-ide kreatif dan solusi efektif dan mengetahui metode penyampaian yang audience sukai
    Agar topik yang anda bicarakan tidak "dilupakan" dan anda cukup berkesan bagi audiens…!!??
    CONGRATULATIONS!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar